Home » » Mencegah Copy, Paste, Delete File & Folder pada Windows

Mencegah Copy, Paste, Delete File & Folder pada Windows

Written By PKPD on Minggu, 05 Agustus 2012 | 05.46

Apakah data kita akan aman saat kita meninggalkan komputer di rumah dalam kondisi ON, atau ada yang menjalankannya tanpa pengawasan dari kita? Resikonya terlalu besar, apalagi jika data tersebut adalah data yang sangat penting! Bagaimana jika ada orang lain yang mencopy, atau bahkan menghapusnya dengan sengaja? Atau ada anggota keluarga kita yang masih BALITA yang senang pencet-pencet keyboard, dan tanpa sengaja menekan tombol DELETE saat pointer mouse sedang berada tepat di atas nama file atau folder.

Mencegah lebih baik daripada mengobati!
Mengembalikan data yang telah terhapus tidaklah mudah, walaupun sudah semakin banyak software yang menawarkan data-recovery dengan tingkat ketelitian yang lebih tinggi.

Untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan buruk di atas, ada baiknya teman-teman berkenalan (bagi yang belum kenal) dengan software
Prevent, yang akan mencegah proses copy, paste, dan delete pada file dan folder.

Prevent akan menonaktifkan proses:
Copy, Cut, Paste, Delete, Copy To, Move To, Send To, dan Rename. Juga akan menonaktifkan tombol-tombol pada Task Manager, seperti Switch To pada aplikasi yang sedang terbuka, End Process aplikasi dan servis-servis yang sedang berjalan, serta Logoff user.


Caranya cukup mudah, download lalu jalankan file instalasinya hingga selesai. Saat dijalankan, Prevent akan meminta kita untuk mendefinisikan key yang akan digunakan untuk mengunci dan melepas kuncinya (menutup aplikasinya). Pada contoh gambar di atas, saya menekan tombol Ctrl+Shift+P, lalu dilanjutkan dengan menekan tombol "Activate". Pemilihan tombol tidak terikat, tetapi sebaiknya teman-teman menghindari penggunaan Ctrl+S, Ctrl+N, atau kombinasi tombol yang sering teman pergunakan pada Microsoft Word atau program-program lainnya.

Setelah aktif, coba teman-teman klik kanan sebuah file atau folder. Apakah teman-teman bisa memilih menu copy, cut, paste, delete, dan rename? Menu-menu pilihan tersebut sekarang telah berwarna abu-abu atau dalam kondisi disabled.

Ada hal menarik yang tidak dijelaskan pada situsnya, yakni  mem-paste teks yang dicopy dari isi sebuah file atau pada web pun dicegah oleh Prevent. Ini berarti bahwa, sekalipun orang lain bisa membuka data kita, lalu memblok tulisannya untuk dicopy dengan cara mem-paste-nya pada file baru, tetap saja tidak bisa dilakukan.


Namun ada sedikit yang tidak diperhatikan oleh pembuatnya, yakni kita tetap bisa mengubah nama (rename) suatu file atau folder dengan cara menekan tombol
F2 lalu menggantinya.

nah bagi yang berminat silahkan download disini
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Baso Irwan Sakti Template | Template
Copyright © 2012. Baso Onhacker - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Template
Proudly powered by I'm not hacker